Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Linmas dan Pamong Desa

Admin Desa 06 Desember 2018 10:09:25 WIB

TERONGNEWS

Rabu, 05 Desember 2018 bertempat di Balai Desa Terong Seluruh pamong desa dan linmas se Desa Terong mengikuti pembinaan dan peningkatan kapasitas. Kegiatan dilaksanakan sekitar pukul 19.30 WIB dengan narasumber dari Kajari Bantul, Kasatbinmas Polres Bantul serta Inspektorat Bantul. Peningkatan kapasitas ini berkaitan dengan Saber Pungli ( Sapu Bersih Pungutan Liar), Kamtibmas serta perihal dana desa.

Mungkin tidak semua orang paham dan tau apa itu "Pungutan Liar" atau bahkan ada yang tidak bisa membedakan antara pungli dan gratifikasi (Pemberian Hadiah yang tidak berkaitan dengan jabatan dan tidak berpengaruh terhadap kewajiban dan tugasnya). Pungutan liar itu sendiri sering diistilahkan dengan Sogokan, Pelican ataupun salam tempel dan jika tidak adanya larangan tegas terhadap pungli itu sendiri nantinya akan menjadi kebiasaan yang bisa merusak mental bangsa dan korupsi bisa menjadi budaya di negeri ini.

Banyak faktor yang bisa menjadikan pungli semakin merebak dan meluas diantaranya budaya masyarakat yang tidak mau repot dan tidak mau mengantri untuk mendapatkan pelayanan sehingga lebih memilih jalur pintas dengan membayar "Uang Jasa" serta belum adanya ketegasan hukum dan efek jera bagi oknum yang masih terlibat pungli, Oleh karena itu masyarakat perlu ikut andil untuk mengurangi adanya pungutan liar tersebut agar pungutan liar bisa diberantas.

 

Komentar atas Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Linmas dan Pamong Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Cetak KTP-EL Tanpa Antrean

Chat Online

Chat - Customer Module

Kalender

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh Warga Desa Terong agar segera melunasi Piutang PBB (Pajak Bumi dan Bangunan ) 2019 Sebelum tanggal jatuh tempo 31 Juli 2019. terimakasih

Mbangun Desa

AUDIO

Lokasi TERONG

tampilkan dalam peta lebih besar