Pos Pemerikasaan dan Disinfeksi Lalu Lintas Ternak di Kalurahan Terong

Administrator 16 Juni 2022 11:09:35 WIB

TERONGNEWS

Sekarang ini sedang merebak virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku ) yang menyerang ternak seperti sapi, domba, kambing, kerbau dan babi menjadi perhartian khususnya bagi para peternak sebab PMK ini sangat mudah menular ke hewan ternak lain namun tidak menular ke manusia.

Adapun gejala yang biasanya terlihat pada hewan yang terkena virus ini diantaranya :

  1. Demam tinggi 39-40°C
  2. Ada lesi di lidah, bantalan gigi, gusi, langit-langit lunak, lubang hidung, moncong, sela kuku, dan ada beberapa kasus yang sampai membuat lepas kuku.
  3. Air liur berlebih serta kelar cairan di hidung
  4. Hewan jarang bergerak dan tidak mau makan
  5. SUsah untuk berdiri

Bahkan PMK ini bisa menimbulkan kematian hewan muda. Untuk pencegahan sendiri hanya berupa pengobatan suportif serta pencegahan infeksi sekunder. Jika sudah ada hewan yang tertular maka langkah selanjutnya melakukan karantina pada hewan yang terinfeksi serta melakukan desinfeksi.

Dengan cepatnya penyebaran ini maka Pemerintah Kalurahan Terong bekerja sama dengan Puskeswan Dlingo. Kemarin Rabu 15 Juni 2022 mendirikan Pos Pemeriksaan dan Disinfeksi Lalu Lintas Ternak yang keluar masuk melewati Kalurahan Terong.

Dalam kegiatan ini hadir juga Panewu Dlingo Slamer Pamuji,S.Pd., M.Pd untuk melihat langsung kegiatan pos pemeriksaan ini. Pos ini didirikan di Perempatan Icon Terong dari pukul 05.30 pagi hingga pukul 11.30 WIB. Dengan adanya pos ini juga diharapkan masyarakat terutama pedagang ternak lebih teliti, jeli dalam memilih hewan ternak untuk diperjualbelikan. _ey_

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License