SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI & PENETAPAN DESA TANGGUH BENCANA DESA TERONG

Administrator 23 September 2019 09:11:39 WIB

TERONGNEWS

Ahad, 22 September 2019 merupakan salah satu hari penting bagi Desa Terong sebab menjadi hari ditetapkannya menjadi DESTANA ( Desa Tangguh Bencana ). Sebelum penetapan DESTANA dilakukan, seluruh anggota peserta pelatihan Destana yang berjumlah kurang lebih 30 orang, FPRB Desa Terong, Linmas serta masyarakat  pukul 10.30 WIB mengadakan Simulasi Bencana Gempa Bumi yang juga dihadiri oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.

Desa Terong memilih simulasi gempa bumi sebab gempa bumi merupakan bencana yang memang tidak bisa diprediksi serta Desa Terong  pada tahun 2006 silam termasuk salah satu desa dengan kerusakan cukup parah akibat Gempa Jogja yang menyisakan trauma.

Simulasi bencana dimulai dengan sirine dan petasan sebagai peringatan tanda gempa yang kemudian seluruh relawan menempatkan tupoksi masing-masing seperti bagian SAR mengevakuasi korban dengan mencari di rumah rumah warga, Bagian logistik mempersiapkan segala kebutuhan pengungsi, Bagian dapur umum menyiapkan bahan makanan untuk pengungsi, Bagian kesehatan menolong seluruh korban luka maupun korban meninggal, Bagian data dan Informasi mengumpulkan seluruh data korban maupun kerusakan bangunan serta bagian posko menampung seluruh data dan Informasi dari masing-masing koordinator.

Simulasi selesai sekitar pukul 11.45 WIB dengan ditandai pelantikan anggota FPRB Periode 2019-2022 serta penandatanganan prasasti Destana oleh Bupati Bantul, Kepala BPBD Kabupaten Bantul serta Lurah Desa Terong.

Komentar atas SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI & PENETAPAN DESA TANGGUH BENCANA DESA TERONG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG KALURAHAN

PENGUMUMAN

JEMPOL SI PANDA (Jemput Bola Potensi Pajak Kendaraan) Bermotor R2 & R4 Setiap hari Selasa ( Minggu ke-2 & Minggu ke-4 ) Bertempat di Kantor Kalurahan Terong Pukul 09.00 - 11.00 WIB

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License