Pentas Seni dan Pagelaran Ketoprak

Anantea Resiwi 29 Oktober 2019 14:22:39 WIB

TERONGNEWS

Sejak semalam, Senin 28 Oktober 2019 pukul 19.30, Pedukuhan Pancuran, Desa Terong terasa sangat meriah dikarenakan adanya rangkaian acara pentas seni dan ketoprak yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata. Pentas seni ini diadakan di Gedung Serbaguna Dangwesi, Pancuran, Terong, Dlingo. Acara ini ditujukan untuk melestarikan kebudayaan Jawa agar tidak lekang terlindas modernisasi dan globalisasi yang makin marak saat ini. Selain itu, acara ini ditujukan untuk memberikan hiburan secara geratis bagi seluruh warga masyarakat, khususnya warga masyarakat Terong.

Rangkaian acara ini diawali dengan pagelaran pentas seni berupa Musik Angklung oleh grup angklung "Ngadhang Sarine" serta tak lupa pula pentas seni campursari dari grup "Sekar Rinonce". Grup "Ngadang Sarine" membawakan lagu-lagu Jawa yang diiringi dengan harmonisasi suara alat musik angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk menyerupai pipa-pipa dalam satu organ dan diikat bersama dalam satu bingkai. Cara memainkannya adalah dengan digetarkan atau digoyangkan untuk menimbulkan bunyi. Dengan harmonisasi yang sedemikian rupa, maka angklung dapat menghasilkan musik yang sangat selaras. Jenis hiburan seperti ini masih tergolong baru di Dlingo, khususnya Desa Terong. Sejak dimulai hingga akhir acara, warga masyarakat tampak sangat menikmati alunan merdu dari angklung dan para penyanyinya. Terlebih acara semakin meriah dengan adanya hiburan  campursari dari grup "Sekar Rinonce" yang sudah melanglang buana menghibur warga masyarakat dalam barbagai acara dan kesempatan.

Pagelaran pentas seni ini masih akan berlanjut malam ini, Selasa 29 Oktober 2019 pukul 20.00 WIB, dengan persembahan seni Ketoprak dari FKKB Kecamatan Dlingo. Kali ini, FKKB Kecamatan Dlingo akan mengangkat cerita yang bertajuk "Rebut Bener". Para anggota forum kebudayaan kecamatan Dlingo sudah menyiapkan persembahan terbaik mereka untuk pentas seni ketoprak malam ini agar tidak mengecewakan warga masyarakat yang menyaksikan pertunjukan ketoprak malam ini. Dapat dipastikan pagelaran pentas seni malam ini akan sangat meriah dan yang pasti dapat menghibur warga masyarakat Terong dan sekitarnya. Maka dari itu, hadiri dan saksikanlah pagelaran pentas seni dan ketoprak malam hari ini.

Komentar atas Pentas Seni dan Pagelaran Ketoprak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG KALURAHAN

PENGUMUMAN

JEMPOL SI PANDA (Jemput Bola Potensi Pajak Kendaraan) Bermotor R2 & R4 Setiap hari Selasa ( Minggu ke-2 & Minggu ke-4 ) Bertempat di Kantor Kalurahan Terong Pukul 09.00 - 11.00 WIB

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License