Pelatihan Kader PosBinDu PTM

Anantea Resiwi 15 November 2019 09:57:50 WIB

TERONGNEWS.

PosBinDu PTM merupakan singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Program ini ditujukan untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan factor resiko atau factor penyebab PTM. Kegiatan ini merupakan program dari Dinas Kesehatan dengan melibatkan peran serta masyarakat melalui promosi kesehatan dan pencegahan. Selain itu, PosBinDu PTM memiliki manfaat dalam pengendalian factor resiko  penyakit tidak menular yang ada pada masyarakat sehingga tidak berkembang. Kegiatan pelatihan PosBindu PTM di Desa Terong Sendiri dilakukan pada hari Rabu, 13 November 2019, pagi di Aula rapat Lt.II Balai desa Terong. Pelatihan kali ini didampingi oleh Dr. Ikasari dari Puskesmas Dlingo II. Beliau menyampaikan bahwa saat ini, masyarakat pada usia produktif, 30-40th, sudah banyak yang mengidap penyakit gula, tekanan darah rendah/tinggi, obeitas, kolesterol, dan lain sebagainya, yang disebabkan  oleh gaya hidup yang kurang sehat.

Maka dari itu, pada pelatihan posbinduPTM kali ini mengajak serta karangtaruna. Selain dari karangtaruna, pelatihan kali ini juga diikuti oleh ibu-ibu kader dari seluruh pedukuhan di Desa Terong. Pada dasarnya, PosBinDu PTM merupakan kesadaran dr masyarakat itu sendiri dengan bantuan pihak medis sebagai tindak lanjutnya jika diperlukan. Oleh karena itu, peserta diberikan pelatihan untuk melakukan pendeteksian dini terhadap PTM di masyarakat, seperti cara untuk mengisi KMS FR-PTM dan menyalinnya ke Buku pencatatan.

Selain itu, peserta juga dilatih untuk mewawancara pada masyarakat. Setelah dilakukan wawancara, tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, Indeks Masa Tubuh, Lingkar perut, dan analisa lemak tubuh. Untuk tahap pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan lain sebagainya yang memerlukan bantuan tenaga medis akan dibantu dari pihak puskesmas. Apabila dalam 3 kunjungan berturut-turut kondisi factor resiko tidak mengalami perubahan atau semakin memburuk, maka harus dirujuk ke fasilitas kesehatan dasar seperti Puskesmas atau klinik swasta.

Diharapkan dengan pelatihan ini, agar masyarakat dapat lebih peduli terhadap gangguan kesehatan yang mungkin terjadi sehingga dapat lebih membudayakan gaya hidup sehat dalam lingkungan yang kondusif pula. Keterlibatan masyarakat dalam PosBinDu PTM juga ditujukan agar masyarakat memiliki pengetahuan dalam pendeteksian penyakit tidak menular secara dini sehingga dapat membatu pihak medis dalam melakukan pelayanan.

Komentar atas Pelatihan Kader PosBinDu PTM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG KALURAHAN

PENGUMUMAN

JEMPOL SI PANDA (Jemput Bola Potensi Pajak Kendaraan) Bermotor R2 & R4 Setiap hari Selasa ( Minggu ke-2 & Minggu ke-4 ) Bertempat di Kantor Kalurahan Terong Pukul 09.00 - 11.00 WIB

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License