Pembinaan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa

Anantea Resiwi 12 Desember 2019 11:37:30 WIB

TERONGNEWS.

Pada Hari Rabu siang tanggal 11 Desember 2019 FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) Desa Terong mendapatkan pembinaan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) mengenai kesiapsiagaan/tanggap bencana skala local desa. Acara pembinaan yang diadakan di ruang rapat lantai II Balai Desa Terong ini dihadiri oleh kurang lebih 60 anggota FPRB Desa Terong. Dalam acara tersebut, Bapak Sugiyono selaku Lurah Desa Terong juga memberikan sambutannya. Beliau berharap semoga pembinaan ini dapat bermanfaat untuk menanggulangi bencana yang sudah terjadi atau yang mungkin akan terjadi terlebih di musim hujan saat ini. Kita harus siap siaga untuk menolong dan mengkondisikan pada keadaan yang lebih baik. Sehingga warga masyarakat tetap merasa tenang dengan adanya FPRB Desa Terong yang sudah terlatih.

Pembinaan Kesiapsiagaan/tanggap bencana skala local desa kali ini mendatangkan nara sumber langsung dari BPBD. Materi pembinaan disampaikan oleh Mas Eta. Beliau menyampaikan beberapa hal penting yang berkaitan dengan penanggulangan bencana di tingkat desa. Di antaranya adalah tentang potensi bencana akhir tahun (musim hujan) yang dapat berupa banjir, longsor, angina kencang, pohon tumbang, gelombang kencang dan abrasi (pesisir). Selain itu, beliau juga menyampaikan tentang kasus-kasus kejadian bencana yang biasanya berupa:

  • Ancaman yang datang tiba-tiba
  • Terlambatnya peringatan dini
  • Perlatan evakuasi dan komunikasi tidak ada/ terbatas
  • Jaringan selular mati
  • Terbatasnya relawan/petugas. Ada namun tidak berjalan
  • Banyak korban dan kerusakan
  • Banyak warga yang mengungsi/tempat mengungsi yang terbatas
  • Masyarakat yang sulit dievakuasi
  • Alur komunikasi, informasi, dan koordinasi tidak berjalan
  • Banyak relawan dan bantuan yang masuk tidak terkoordinir dengan baik
  • Pemerintah tidak siap (aturan dan anggaran)

Dalam menyiapkan kewaspadaan desa menghadapi bencana, maka FPRB Desa Terong perlu melakukan Inventarisasi Kapasitas Desa yang terdiri dari FPRB (Jumlah dan kompetensi) dan juga Peralatan dan perlengkapan (Jumlah, kondisi, kebutuhan pendukung lainnya sprt olidan bbm). Selai itu, FPRB Desa Terong juga perlu untuk melakukan Susunan Rencana Kontijensi (kepengurusan dan pembagian job-desk). Dalam hal ini, peran Desa dalam menyiapkan kesiagaan menghadapi bencana dapat dilakukan dengan cara menerbitkan PerDes terkait Bencana skala lokal desa. Semoga dengan pembinaan ini, FPRB Desa Terong benar-benar dapat mewujudkan Desa Terong menjadi Desa Tanggap Bencana.

Komentar atas Pembinaan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG KALURAHAN

PENGUMUMAN

JEMPOL SI PANDA (Jemput Bola Potensi Pajak Kendaraan) Bermotor R2 & R4 Setiap hari Selasa ( Minggu ke-2 & Minggu ke-4 ) Bertempat di Kantor Kalurahan Terong Pukul 09.00 - 11.00 WIB

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License