Wabah Antrax Gunungkidul, Peternak Desa Terong Harap Waspada

Anantea Resiwi 21 Januari 2020 15:35:33 WIB

TERONGNEWS.

Baru-baru ini telah terjadi penyebaran wabah antraks di Kabupaten Gunungkidul yang sudah sangat parah menyerang ternak warga, terutama sapi sehingga telah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Antraks sendiri merupakan bakteri yang menyerang binatang ternak namun juga dapat menyerang manusia apabila daging binatang tersebut dikonsumsi. Hingga saat ini, belum jelas diketahui awal mula datangnya bakteri antraks ini ke Gunungkidul. Menurut Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Bagoes Poermadjaja, untuk wilayah Gunungkidul sendiri selama ini termasuk dalam daerah yang bebas dari antraks, jadi kemungkinan besar berasal dari luar daerah, mengingat Gunungkidul dikelilingi oleh wilayah endemis antraks seperti Kulon progo, Pacitan, wonogiri dan Sragen.

hingga saat ini sudah terdapat banyak sekali sapi yang mati mendadak dan positif terdapat bakteri antraks dalam tubuhnya. Beberapa warga pun juga sudah positif terinfeksi bakteri tersebut. Disinyalir, penularan bakteri antraks ke tubuh warga disebabkan oleh warga yang mengkonsumsi daging sapi yang mati mendadak akibat bakteri antraks tersebut, kemudian disembelih dan daging dibagikan kepada warga. Pihak Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul juga sudah melarang seluruh angkutan hewan ternak untuk melintasi ring roan utara Gunungkidul guna mengantisipasi penularan yang lebih lanjut.

untuk warga Desa Terong sendiri, yang mayoritas juga memiliki binatang ternak, Pemerintah menghimbau agar selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak masing-masing, baik dari segi kesehatan tubuh hewan, maupun dari segi kebersihan lingkungan kandang.  Selain itu, yang tak kalah penting adalah pemberian vaksin antraks pada hewan ternak. Para warga dihimbau untuk melakukan konsultasi pada dokter hewan setempat.Hal tersebut dipercaya dapat meminimalisir resiko penularan bakteri antraks.

Komentar atas Wabah Antrax Gunungkidul, Peternak Desa Terong Harap Waspada

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG KALURAHAN

PENGUMUMAN

JEMPOL SI PANDA (Jemput Bola Potensi Pajak Kendaraan) Bermotor R2 & R4 Setiap hari Selasa ( Minggu ke-2 & Minggu ke-4 ) Bertempat di Kantor Kalurahan Terong Pukul 09.00 - 11.00 WIB

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License