Peningkatan Kapasitas Kaum Rois Kalurahhan Terong

Anantea Resiwi 18 Maret 2022 11:40:42 WIB

TERONGNEWS

Kaum Rois merupakan salah satu tokoh masyrakat yang mempunyai peranan penting ditiap pedukuhan, seperti dalam pengurusan jenazah, pemimpin kenduri dan tahlilan, serta berperan dalam hal penyembelihan hewan qurban. Seperti yang kita ketahui bahwa hewan qurban yang sah adalah hewan yang disembelih  dengan baik dan benar serta menggunakan tata cara syariat Islam.

Mengingat hal itu, pagi ini bertempat di Aula Lantai II Balai Kalurahan Terong kaum rois se Kalurahan Terong mengikuti acara peningkatan kapasitas dengan tema: “Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban” dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB. Narasumber pada kesempatan ini dari penyuluh agama KUA Kapanewon Dlingo, Ahmad Riftiyan,S.Fil.I.

Dalam penyuluhannya, Ahmad Riftiyan,S.Fil.I. menyampaikan bahwa dengan naiknya tingkat kemakmuran saat ini,  membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Sehingga dalam hal penanganan, penyembelihan serta pembagian hewan qurban, bukan tidak mungkin masyarakat akan  menuntut panitia untuk menyajikan penyelenggaraan yang higienis, sesuai syariat, daging aman dan sehat dikonsumsi.

Oleh karena itu khususnya kaum rois harus paham tentang tata cara penyembelihan hewan qurban sesuai syariat Islam. Tidak hanya itu, Ahmad Riftiyan,S.Fil.I  juga menghimbau agar ilmu yang didapat setelah penyuluhan ini agar bisa disampikan kepada masyarakat.

Dalam peningkatan kapasitas kali ini kaum rois juga diberikan penjelasan terkait dengan syarat hewan qurban yang sah, tata tata penyembelihan yang benar, syarat-syarat menjadi panitia, dan prinsip-prinsip pemotongan yang benar. Selain itu kaum rois juga dibekali dengan alat pemotong hewan quran berupa parang untuk masing-masing pedukuhan.

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Kaum Rois Kalurahhan Terong

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License